Susunan Acara Pernikahan

Tak terasa hari pernikahanmu semakin mendekati hari-H. Agar makin lancar, kamu bisa cek susunan acara pernikahan akad dan resepsi berikut ini, terkini!


Pernikahan adalah salah satu momen yang dinantikan serta hanya akan terjadi satu kali seumur hidup.

Oleh karena itu persiapan yang harus dilakukan tidak boleh asal-asalan, apalagi dalam membuat susunan acara pernikahan: akad dan resepsi. Berikut ini akan ada ulasan singkat bagaimana cara membuat susunan acara pernikahan yang baik.

Susunan Acara Pernikahan

Contoh Susunan Acara Akad

Akad nikah adalah inti dari acara pernikahan. Prosesi ini sangat bermakna karena ada pernyataan atau perjanjian dari kedua pengantin untuk saling mengikat diri dalam pernikahan yang disaksikan sedikitnya dua orang saksi yang sudah memenuhi syarat.

Biasanya akad nikah membuat calon pengantin sama-sama gugup bahkan pihak keluarga dan tamu undangan juga merasakan hal yang serupa. Tidak heran jika calon pengantin pria agak sulit untuk mengucapkan ijab Kabul secara lancar.

Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan sebaiknya persiapkan pernikahan secara matang. Bisa menggunakan WO atau jika tidak merancang susunan acara pernikahan dengan saksama, berikut ini adalah contohnya:

1. Final checking

Sebelum acara dimulai sebaiknya pastikan keluarga dari calon pengantin wanita dan keluarga dari calon pengantin pria sudah berada di tempat akad nikah berlangsung.

Bila dirasa sudah lengkap dan tidak ada lagi yang harus ditunggu maka acara bisa segera dimulai.

2. Pembukaan

Untuk membuka acara sebaiknya MC tidak lupa mengucapkan salam serta doa pembuka menurut agama dan keyakinan masing-masing.

Setelah itu jangan lupa menyebutkan nama dari pihak keluarga atau orang yang memiliki hajat pernikahan tersebut disusul dengan nama kedua mempelai.

3. Sambutan Keluarga Calon Pengantin Pria

Jika sudah membuka acara dengan salam dan doa, selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan keluarga calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita.

Agar tidak sampai salah sebut nama perwakilan keluarga dalam hal ini lebih baik MC membawa catatan kecil untuk dibaca.

4. Sambutan Balasan

Acara selanjutnya adalah sambutan yang diberikan oleh perwakilan keluarga calon pengantin wanita kepada keluarga calon pengantin pria.

Sambutan tersebut adalah sambutan balasan dari keluarga calon pengantin wanita kepada keluarga calon pengantin pria.

5. Acara Serah Terima

Selanjutnya akan disusul dengan serah terima. Acara ini biasanya juga berisi sepatah dua kata dari perwakilan keluarga calon pengantin.

Jika acara digelar di tempat tinggal wanita maka yang memberikan pidato serah terima adalah perwakilan dari keluarga calon pengantin pria dengan maksut menyerahkan calon pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita.

Setelah itu nanti akan disusul dengan pidato balasan dari perwakilan keluarga calon pengantin wanita yang isinya menerima calon pengantin pria sebagai bagian keluarga.

6. Seserahan

Umumnya seserahan ini dilakukan oleh ibu calon pengantin pria. Jadi ibu dari pihak pengantin pria menyerahkan seserahan secara simbolis kepada ibu calon pengantin wanita.

7. Penerimaan Calon Pengantin Pria

Penerimaan ini juga nantinya bersifat simbolis dimana ibu dari pengantin wanita nanti memberikan kalung bunga melati pada pengantin pria lalu pihak keluarga pengantin wanita membawanya pada tempat akad nikah. Tentu ini tergantung dengan adat masing-masing daerah.

8. Acara Ijab Kabul

Biasanya untuk inti acara ini MC akan membukanya terlebih dahulu. Lalu disusul dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yakni surat Annisa ayat 1 dan surat Ar Ruum ayat 21. Tentu ini bagi pengantin dengan agama islam. Untuk agama lain dan adat yang berbeda tentu menyesuaikan.

Setelah itu calon pengantin wanita masuk ke tempat acara ijab kabul ditemani oleh wakil dari keluarga wanita.

Prosei ini juga bersifat kondisional karena ada yang melakukan akad tanpa kehadiran pengantin wanita di tempat akad berlangsung.  Selanjutnya, acara ijab kabul yang dipimpin oleh penghulu.

9. Doa Nikah

Jika ijab Kabul sudah selesai dan berjalan dengan lancar maka penghulu akan memipin doa setelah akad nikah.

Biasanya ada juga yang meminta tolong pemuka agama secara khusus membacakan doa setelah akad nikah tersebut agar pernikahan bisa lebih berkah.

1o. Serah Terima Mahar

Setelah acara inti selesai maka selanjutnya adalah serah terima mahar. Biasanya serah terima ini dipasangkan dengan pemasangan cincin lalu diikuti dengan penyerahan buku nikah dari penghulu kepada dua pengantin yang sudah sah menjadi suami istri.

11. Nasihat Pernikahan

Acara selanjutnya akan disusul dengan adanya pemuka agama khusus atau mungkin bisa dari penghulu sendiri untuk memberikan nasihat pernikahan kepada kedua pengantin.

Biasanya pihak keluarga lebih memilih pemuka agama khusus atau orang yang dijadikan panutan.

12. Sungkeman

Sungkeman ini biasanya dilakukan dengan penuh haru. MC akan meminta kedua orang tua untuk duduk di tempat yang telah disediakan terlebih dahulu. Lalu kedua pengantin akan melakukan sungkeman.

Biasanya kedua orang tua sambil membisikkan doa dan sedikit nasihat kepada kedua mempelai.Sebelum acara sungkeman berlangsung, MC meminta kedua orang tua untuk duduk di tempat yang telah disediakan.

13. Sesi Foto Bersama

Jika sudah selesai acara sungkeman maka saatnya untuk ramah tamah serta sesi foto dengan keluarga dari kedua mempelai serta tamu undangan. Ini sekaligus menandakan bahwa acara akad nikah telah usai.

Yeaaay, sah!


Contoh Susunan Acara Resepsi

Acara resepsi sebagai salah satu acara di dalam rangkaian pernikahan juga menjadi perhatian yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Sebagai gambarannya, berikut beberapa acara yang harap diperhatikan:

1. Acara Hiburan

Pertama adalah hiburan. Dalam resepsi hiburan akan dimulai setidaknya 30 menit sebelum acara betul-betul dimulai. Isi dari hiburan ini Acara hiburan biasanya dimulai sekitar 30–45 menit sebelum acara resepsi dimulai.

Acara hiburan ini sendiri bisa disesuikan dengan adat yang digunakan misalnya adat jawa dengan musik gamelan atau mungkin tari jawa dan semacamnya.

2. Acara Pembukaan

Setelah hiburan, acara bisa dibuka oleh MC. Pertama MC memberikan salam, ucapan selamat, rasa terima kasih dan syukur karena acara akad nikah berjalan dan berlangsung dengan lancar.

3. Kirab Pengantin

Kirab ini menandakan pengantin datang. Dimana biasanya pengantin datang dengan diiringi musik untuk masuk ke ruangan resepsi dengan diiringi rombongan dari kesuda mempelai sampai kedua pengantin duduk di pelaminan.

4. Sambutan

Jika kedua pengantin sudah duduk lalu rombongan dari pengantin juga sudah berada di tempat yang sudah disediakan maka acara selanjutnya adalah sambutan yakni sepatah dua kata dari perwakilan keluarga dua mempelai.

5. Doa

Setelah itu akan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh orang yang sudah dipilih dan diminta tolong dalam memimpin doa agar acara resepsi berjalan lancar dan juga sebagai tanda syukur serta doa untuk kedua mempelai.

6. Ucapan Selamat Untuk Mempelai

Di sini saatnya para tamu undangan untuk memberikan selamat secara langsung kepada pengantin. Biasanya para tamu undangan akan maju ke tempat pengantin duduk lalu menjabat tangan pengantin sembari memberikan ucapan selamat dan juga doa.

7. Hiburan dan Foto Bersama

Sembari ada tamu yang memberikan selamat pada pengantin, tamu yang lain menikmati hiburan serta ramah tamah. Juga, biasanya ada acara sesi foto setelah bersalaman dengan pengantin untuk para tamu undangan.

Terkadang diselingi juga dengan foto bersama pengantin dengan saudara, serta keluarga besar yang juga hadir.


Nah, itu dia sedikit contoh susunan acara pernikahan: akad dan resepsi.

Semoga bisa membantu. Terakhir dari kami, semoga acara kamu dan pasanganmu lancar ya!

Penulis

Kak Tara

Content Editor di Otwhalal.com. Milennial yang senang dengan topik seputar asmara dan romantis.

    Tinggalkan komentar