Doa Pernikahan

Berikut doa-doa pernikahan lafadz arab beserta artinya yang harus kamu ketahui. Doa: ✓ khutbatul hajah ✓ doa Akad ✓ untuk pasangan baru ✓ malam pertama.


Doa pernikahan merupakan sebuah komponen penting dimana terdapat keterlibatan Allah SWT terhadap kelangsungan pernikahan.

Adanya doa-doa di dalamnya juga terdapat harapan-harapan baik terhadap pernikahan dan kehidupan bagi kedua mempelai seterusnya.

Makna Doa pada Pernikahan

Makna Doa

1. Kelancaran Pernikahan dan Hidup Selanjutnya

Doa pernikahan atau doa-doa yang menjadi rangkaian prosesi pernikahan diharapkan memberikan kelancaran bagi kehidupan pengantin.

Hajatan besar serupa pernikahan harus penuh dengan doa demi kelancaran dan memberikan manfaat bagi pengantin dan keluarga.

2. Mengharapkan Rumah Tangga Harmonis

Keluarga harmonis dalam Islam yakni keluarga yang sakinnah, mawaddah, warohmah yang bermakna ketenangan, keharmonisan, dan saling menjaga satu sama lain.

3. Menjalani Hidup Baru yang Penuh dengan Harapan

Menikah merupakan gerbang menuju kehidupan baru. Dengan selalu berlimpah doa-doa dalam pernikahan yang baik akan menghadirkan harapan yang baik pula.

Tidak hanya bagi kedua pasangan saja, melainkan juga menjadi harapan akan hadirnya keturunan yang baik. Harapan terciptanya kelancaran dalam menjalani rumah tangga juga sudah terangkai dalam doa-doa pernikahan.

4. Menjadi Pelindung dalam Setiap Langkah

Doa dalam pernikahan juga bermakna sebagai pelindung setiap langkah ke depannya. Oleh karena itu, dipilih doa-doa terbaik sebelum melaksanakan pernikahan.

Doa yang baik tersebut tentu berasal dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu doa menjadi senjata dalam memohon segala sesuatu serta perlindungan agar rumah tangga selalu berjalan dengan baik.

5. Berharap Ridho dari Sang Pencipta

Setiap menggelar pernikahan selalu mengharapkan ridho Allah SWT. Dengan selalu bermunajat kepada-Nya diharapkan pernikahan selalu mendapatkan ridho-Nya.


Doa Selama Proses Pernikahan

Doa Di Pernikahan

1. Khutbatul Hajah Sebelum Ijab Qobul

Memasuki prosesi acara pernikahan yang paling inti yakni ijab qobul sebaiknya didahulukan membaca Khutbatul Hajah.

Khutbatul Hajah dianjurkan dibaca untuk memulai berbagai acara penting terutama pernikahan. Terdapat anjuran pembacaan khutbatul hajjah seperti berikut ini:

Khutbah Hajah

Artinya:

“Nabi Muhammad SAW  mengajari kami khutbatul hajah…sebagaimana lafadz di atas (HR. Abu Daud 2118 yang)

Berikut bacaan khutbatul hajah dan maknanya :

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ( اتَّقُوا اللَّهَ الَّذِى تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا) (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ) ( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya,memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah darikejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yangAllah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menye-satkannya, dan barangsiapayang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Akubersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benarkecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya NabiMuhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

2. Doa Akad Nikah

Doa Akad Nikah

Sebelum melaksanakan ijab qobul dalam prosesi akad nikah sebaiknya mempelai pria membaca doa sebelum melaksanakan proses tersebut.

Hal ini sangat dianjurkan karena dapat memberikan ketenangan dan kelancaran saat pengucapan ijab qobul. Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca menjelang akad nikah:

اًللَّهُمَّ بِأَمَانَتِكَ أَخَذْتُهَا وَبِكَلِمَاتِكَ اِسْتَحْلَلْتُ فَرْجَهَا، فَإِنْ قَضَيْتَ لِي مِنْهَا وَلَدًا فَاجْعَلْهُ مُبَارَكًا سَوِيًّا وَلاَتَجْعَلْ لِلشَّيْطَانِ فِيْهِ شَرِيْكًا وَلاَنَصِيْبً

Artinya:

“Ya Allah, dengan amanat-Mu kujadikan ia isteriku dan dengan kalimat-kalimat-Mu dihalalkan bagiku kehormatannya. Jika Kau tetapkan bagiku memiliki keturunan darinya, jadikan keturunanku keberkahan dan kemuliaan, dan jangan jadikan setan ikut serta dan mengambil bagian di dalamnya”.

3. Istighfar dan 2 Kalimat Syahadat

Setelah dibacakan khutbatul hajjah dianjurkanmembaca istighfar terlebih dahulu sebanyak 3 kali. Ini bertujuan untuk memohonampun kepada Allah sebelum melangsungkan pernikahan.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ َالَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Artinya:

“Aku memohon ampun kepada Allâh Yang tidak ada Tuhan (Yang berhak disembah) selain Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya”

Kemudian dilanjutkan dengan membaca 2 kalimatsyahadat yang bertujuan untuk meneguhkan hati tetap dalam keadaan muslim.

اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ

Artinya:

“Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.”

4. Doa Setelah Akad Nikah

Doa Setelah Akad Nikah

Setelah akad nikah Rosulullah Muhammad SAW menganjurkanuntuk membaca sebuah doa bagi para suami sembari memegang ubun-ubun sang istri.Berikut doa yang menjadi anjuran dari Rosulullah  Muhammad SAW :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”


Doa dalam Pernikahan & Berkeluarga

Doa Di Berkeluarga

1. Doa untuk Pasangan Baru

Doa Untuk Pasangan Baru

Doa berikut ini merupakan doa yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW untuk memohon agar kehidupan pernikahan yang penuh keberkahan.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya:

“Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud)

2. Doa Agar Menjadi Keluarga yang SelaluDisayangi Allah

Memiliki sebuah pernikahan yang bahagia merupakan dambaan setiap orang. Kebahagiaan tersebut salah satunya dengan menjadi keluarga yang disayangi Allah SWT. Dengan kasih sayang-Nya sebuah keluarga akan selalu berlimpah kebahagiaan.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad)

Atau bisa juga membaca doa berikut ini yang maknanya hampir sama:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim).

3. Doa Menjelang Malam Pertama

Doa Menjelang Malam Pertama

Malam pertama merupakan sesuatu yang dinanti oleh pengantin baru. Dalam malam pertama terdapat aktivitas suami istri yang diharapkan menjadi pahala ibadah sekaligus usaha menghadirkan keturunan.

Terdapat adab dalam menjalankan malam pertama termasuk salah satunya membaca doa terlebih dahulu.

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak, keturunan).”

4. Doa Agar Diberi Keturunan yang Baik

Doa Diberi Keturunan Yang Baik

Setelah semua prosesi pernikahan dilewati tentu yang diharapkan adalah memperoleh keturunan yang baik. Doa ini juga menjadi doa pernikahan yang dipanjatkan setiap hari dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya:

“Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa ini juga merupakan rangkaian doa penutup setiap selesai melaksanakan sholat 5 waktu. Selain itu bisa juga membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي وَلَدًا وَاجْعَلْهُ تَقِيًّا ذَكِيًّا لَيْسَ فِي خَلْقِهِ زِيَادَةٌ وَلاَنُقْصَانُ وَاجْعَلْ عَاقِبَتَهُ اِلَى خَيْر

Artinya:

“Ya Allah, karuniakan padaku keturunan, dan jadikan ia anak yang bertakwa dan cerdas, tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam fisiknya, dan jadikan kesudahannya pada kebaikan”.

5. Doa Agar Memiliki Istri yang Lembut Hatinya

Doa Melembutkan Hati Istri

Istri dengan hati yang lembut akan semakin menambah keharmonisan dalam rumah tangga. Oleh karena itu, bagi para suami dapat meminta hal tersebut pada sang pencipta.

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي اَلْفَهَا وَوُدَّهَا وَرِضَاهَا بِي، وَاَرْضِنِي بِهَا، وَاجْمَعْ بَيْنَنَا بِأَحْسَنِ اِجْتِمَاعٍ وَاَيْسَرِ ائْتِلاَفٍ فَإِنَّكَ تُحِبُّ الْحَلاَلَ وَتُكْرِهُ الْحَرَامَ

Artinya:

“Ya Allah, karuniakan padaku kelembutan isteriku, kasih sayang dan ketulusannya, ridhai aku bersamanya. Himpunkan kami dalam rumah tangga yang paling baik, penuh kasih sayang dan kebahagiaan, sesungguhnya Engkau mencintai yang halal dan membenci yang haram”.

6. Doa Agar Menjadi Keluarga yang Ahli Sholat

Doa Menjadi Keluarga Ahli Sholat

Dalam Islam, sholat merupakan bentuk ibadah yang menjadi penghubung antara hamba dan Tuhannya sepanjang hidup.

Termasuk dalam kehidupan pernikahan yang juga tidaknya mengharapkan diri sendiri menjadi ahli sholat tetapi juga keturunannya kelak.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim : 40).


Itulah beberapa doa-doa pernikahan yang perlu diketahui dan dipraktikkan.

Setiap bacaan dia atas bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits yang sangat bermanfaat bagi kehidupan pernikahan.

Semoga bermanfaat.

Bang Viko

ambil laptop, seduh kopi, dan mulai berkarya...

Tinggalkan komentar