Cara Jualan di TikTok untuk Bisnis Pernikahan

Kak Tara

Tak hanya sebagai media online entertainment, TikTok juga dapat dimaksimalkan untuk promosi bisnis. Salah satunya bisnis pernikahan.

Peluang memasarkan bisnis di TikTok untuk bisnis pernikahan dapat dikatakan cukup ideal karena dari sisi demografi, TikTok digunakan oleh pemuda dengan usia 17 s.d 30 an tahun. Hal ini berhubungan dengan usia pernikahan umumnya di Indonesia.

Jadi, ayo maksimalkan TikTok untuk memasarkan bisnis pernikahanmu. Caranya?

1. Beralih ke Akun Pro

Langkah pertama untuk serius pada tiktok adalah mengubah akun personal TikTok kamu ke akun bisnis/pro. Dengan beralih akun ini, kamu nantinya akan mendapatkan fitur-fitur yang berhubungan dengan bisnis, salah satunya analytics.

Cara beralih ke akun pro, sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Klik “me” atau “saya” yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Klik titik tiga di pojok kanan atas.
  4. Klik “manage my account” atau ”kelola akun”.
  5. Lalu, pilih “switch to pro account” atau ”alihkan ke akun pro”.
  6. Pilih “business” atau “bisnis”.
  7. Pilih “profesional services” atau “layanan profesional”.
  8. Klik next dan lengkapi data-data bisnis kamu.

2. Buat Konten Edukatif

Setelah beralih ke akun Pro, mulailah bangun konten-konten yang berhubungan dengan bisnis kamu. Tujuannya adalah menarik customer sebagai tahap awareness atau pengenalan bisnis kamu kepada pengguna tiktok.

Dalam bidang bisnis pernikahan, contoh konten edukatifnya seperti cara makeup, proses kamu makeup pengantin, tampilan baju-baju kebaya yang dijual, video dekorasi yang kamu buat, tips seputar pernikahan, dan sebagainya.

Pada intinya, berikan konten yang bersifat edukatif guna membantu calon pengantin lebih matang menuju Hari-H.

Perihal inspirasinya, kamu bisa dapatkan dari TikTok akun sejenis, Facebook, Instagram, atau YouTube. Bila inspirasi di TikTok akun sejenis, agar tidak kelewatan atau hilang, kamu bisa simpan dulu videonya dengan fitur save video.


Lalu, lengkapi pula konten yang diunggah dengan mengikuti tren-tren di TikTok. Beberapa konten yang sebelumnya pernah trending, misalnya konten slowmo, konten cara simple ala khaby lame, atau konten lip sync.

Nantinya setelah didapatkan ide-nya, sesuai dengan produk pernikahanmu.

Selain itu, gunakan pula musik yang lagi viral sebagai backsound dari video kamu, ya. Untuk mencari musik yang viral, caranya: (1) rekam atau upload video kamu; (2) pilih tambahkan musik; (3 pilih kategori viral; (4) pilih musik yang cocok dengan produk kamu.


4. Gunakan Caption dan Fitur Agar Video Menarik

Dalam 100 karakter, berikan caption yang deskriptif dan menarik mengenai video. Kamu bisa memberikan informasi mengenai nama produk, material, warna, atau stok.

Agar videonya makin menarik, gunakan pula fitur-fitur dari tiktok untuk menghadirkan keunikan pada video. Misalnya, suara ala sisca kold. Nah, ini juga bisa diaplikasikan pada video kamu. Diantaranya beberapa fitur yang bisa dimaksimalkan, yakni:

  • Voice changer
  • Sticker dan effect
  • Filter
  • Beautify
  • Timer
  • Music

5. Tambahkan Hashtag

Selain caption, dalam 100 karakter ini kamu juga sebaiknya menambahkan hashtag untuk meningkatkan peluang video dilihat oleh orang lain. Baik via FYP atau video lain dengan hashtag yang sama.

Hashtag yang bisa digunakan untuk ranah bisnis pernikahan, misalnya #prewedding, #akad, #weddingday, #otwhalal, #ijabkabul, #fotopernikahan, #happywedding, #cincin, dan sebagainya.

Sementara itu, hashtag umum yang bisa pula ditambahkan, misalnya #fyp, #foryou, #foryoupage, atau #viral.


6. Upload pada Prime Time

Untuk meningkatkan atensi yang lebih bagi pengguna TikTok lainnya, upload video pada prime time. Prime time tiktok artinya, pengguna tiktok sedang ramai-ramainya membuka aplikasi.

Beberapa waktu untuk upload video tiktok yang ideal per hari, sebagai berikut:

  • Senin: 10.00, 17.00, dan 20.00
  • Selasa: 10.00, 17.00, dan 20.00 
  • Rabu: 10.00 dan 17.00
  • Kamis: 10.00 dan 19.00
  • Jumat: 10.00, 19.00, dan 21.00
  • Sabtu: 11.00, 18.00, dan 20.00
  • Minggu: 10.00, 17.00, dan 19.00.

7. Tingkatkan Interaksi pada Postingan

Upayakan agar konten kamu mendapatkan likes, komentar, dan share yang aktif dari audiens kamu. Seiring dengan meningkatkan interaksi tersebut, akan meningkat pula kesempatan video masuk pada FYP.

Dengan FYP, video kamu berpotensi ditonton oleh ribuan atau puluh ribuan orang lainnya dengan minat yang sama dengan bisnis kamu. Tentunya, ini berakibat positif untuk perkembangan bisnis di TikTok.

Upayakan agar likes, comment, dan share video tersebut aktif. Kamu bisa mengadakan giveaway, konten yang edukatif, atau interaksi seperti diskusi.

Hal lain yang dapat kamu maksimalkan, yakni share ke media sosial lain. Caranya, download video tiktok bisnis kamu, lalu share ke Instagram, WhatsApp, Story, Status WA, LINE, Telegram, dan sebagainya. Ini akan membantu pula menggiring audiens dari media sosial lain ke tiktok bisnis kamu.


8. Gunakan TikTok Ads

Bila kamu memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk menggunakan tiktok ads.

Dengan menggunakan TikTok Ads, video tiktok kamu akan lebih cepat mendapatkan view dari pengguna tiktok yang memiliki minat terhadap kategori bisnis kamu.

Selengkapnya mengenai TikTok Ads dapat kamu pelajari disini: TikTok Business.


9. Kolaborasi dengan KOL

Strategi marketing berbayar lain selain TikTok Ads yang tak kalah efektif adalah menggunakan KOL. KOL atau Key Opinion Leader merupakan akun-akun tiktok dengan niche spesifik yang memiliki follower tetarget.

Kamu tentu pernah lihat akun ibu-ibu yang share mengenai parenting. Nah, inilah salah satu contoh KOL. Audiens dari mereka adalah ibu-ibu juga.

Begitu pula dengan bisnis pernikahan. Kamu bisa endorse KOL dengan follower 1k hingga 10k (untuk budget low-medium) yang memiliki fokus konten seputar pasangan, romansa, atau taaruf.


10. Amati Data pada Analytics

Terakhir, data adalah harta karun yang harus kita olah. Setelah kamu memiliki follower 100an, kamu mulai bisa membaca data mengenai postingan yang mendapatkan atensi lebih hingga jadwal dari follower kamu aktif pada saat kapan.

Amati data, lalu maksimalkan. Kamu bisa buat konten sejenis dengan yang sudah pernah viral. Lalu, post disaat prime time dari followers kamu.

Okey, itulah 10 cara jualan di tiktok untuk bisnis pernikahan yang bisa kamu coba. Setelah ini, mulai coba nyicil dan bangun akun TikTok bisnismu.

Selamat berjuang!

Penulis

Kak Tara

Content Editor di Otwhalal.com. Milennial yang senang dengan topik seputar asmara dan romantis.

Tinggalkan komentar