Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Yuk cicil mengetahui apa saja rangkaian acara dalam lamaran pernikahan dan apa yang sebaiknya diperhatikan, cek daftar lengkapnya disini!


Bisa dikatakan lamaran adalah proses meminang dari pihak calon pengantin laki-laki kepada calon pengantin wanita.

Serta pertemuan keluarga dari dua calon pengantin sehingga di sini kedua calon pengantin bisa saling memperkenalkan anggota keluarganya masing-masing. Agar acara berjalan lancar buat susunan acara lamaran jauh sebelum hari H. Nah berikut ini ada contoh susunan acara lamaran.

Contoh Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Susunan Acara Lamaran Pernikahan

1. Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Laki-laki

Acara yang paling pertama dalam sebuah lamaran pernikahan adalah datangnya keluarga dan calon mempelai pria ke tempat tinggal calon mempelai wanita.

Biasanya dalam acara lamaran selain membawa rombongan keluarga besar diikuti juga beberapa tetangga dan kerabat untuk membawakan seserahan yang digunakan melamar calon mempelai wanita.

Nantinya pihak keluarga dari calon mempelai wanita akan memberikan penyambutan yang hangat atas kedatangan calon mempelai pria beserta rombongannya.

Calon mempelai pria dan keluarga serta kerabat akan dipersilahkan masuk ke tempat yang sudah disediakan. Di sini MC yang akan memandu.

2. Pembukaan Lamaran

Setelah memandu para tamu dari pihak calon mempelai pria, tugas MC selanjutnya adalah membuka acara lamaran. Biasanya MC di sini adalah orang dari pihak calon mempelai wanita.

Nantinya MC akan menyambut kedatangan dari calon mempelai pria beserta keluarga dan kerabatnya dengan kata-kata penyambutan yang hangat. MC juga akan membacakan runtutan acara pada hari itu. Sehingga tamu yang hadir bisa mengikutinya dengan khidmat.

Kemudian MC akan memberikan waktu dan tempat pada perwakilan dari pihak calon mempelai pria untuk memberikan pidato yang isinya tujuan dari kedatangan keluarga serta kerabat calon mempelai pria ke kediaman calon mempelai wanita.

3. Penyampaian Maksud dan Tujuan Kedatangan Rombongan

Pidato dari perwakilan pihak calon mempelai pria adalah acara inti dari lamaran pernikahan. Karena pada pidato ini perwakilan dari calon mempelai pria akan menyampaikan maksud dan tujuan mereka datang ke tempat tinggal calon mempelai wanita.

Dimana tentu isi dari maksud dan tujuan tersebut adalah untuk meminang secara resmi calon mempelai wanita yang sudah dipilih oleh calon mempelai pria dan keluarga. Setelah menyampaikan maksud dan tujuan, dari perwakilan calon mempelai pria akan menutup pidato dengan pertanyaan pada calon mempelai wanita dan keluarga bersedia atau tidak calon mempelai wanita nantinya menikah calon mempelai pria.

4. Pemberian Jawaban dari Calon Mempelai Perempuan

Setelah perwakilan dari pihak calon mempelai pria menutup pidatonya, MC akan melanjutkan acara dengan mempersilahkan perwakilan dari calon mempelai wanita untuk memberikan jawaban atau pidato jawaban untuk pernyataan dan pertanyaan dari pihak calon mempelai pria.

Pihak calon mempelai wanita di sini akan memberikan jawaban bahwa lamaran atau pinangan dari pihak calon mempelai pria diterima dan tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih yang dalam karena sudah berkenan meminang calon mempelai wanita dengan maksud dan tujuan yang baik.

5. Penyerahan Seserahan

Setelah pidato dari pihak calon mempelai wanita sudah selesai disampaikan dimana pihak keluarga sudah setuju dan menerima maksud dan tujuan baik dari pinangan calon mempelai pria dan keluarga maka MC akan melanjutkan acara ke penyerahan seserahan dari pihak calon mempelai pria kepada pihak calon mempelai wanita. Penyerahan seserahan ini akan dilakukan secara simbolis.

Di sini artinya pihak mempelai pria meminta atau meminang calon mempelai wanita yang sudah dipilih. Jadi secara simbolis seserahan ini adalah pengikat calon mempelai wanita sampai acara pernikahan berlangsung nantinya.

6. Bertukar Cincin

Kemudian acara pertukaran cincin kedua mempelai. Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh setiap pasangan yang sedang melaksanakan acara lamaran pernikahan namun ada juga yang tidak menggunakan acara pertukaran cincin karena sudah ada penyerahan seserahan yang sudah menyiratkan bahwa calon mempelai wanita sudah secara resmi dipinang oleh calon mempelai pria.

Jadi hingga acara pernikahan berlangsung kedua calon mempelai sama-sama sudah terikat dan tidak bisa menjalin hubungan lain dengan orang lain. Cincin di sini juga bisa menjadi pengingat bagi kedua mempelai bahwa mereka sudah saling terikat meski belum secara sah di mata agama dan Negara.

7. Perkenalan Antar Keluarga dari Calon Mempelai

Pidato  yang disusul dengan seserahan serta pertukaran cincin yang merupakan acara inti dalam lamaran pernikahan, akan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Disini adalah kesempatan bagi keluarga besar dari kedua calon mempelai saling memperkenalkan diri dan berbaur untuk mempererat hubungan serta keakraban.

Sambil menikmati hidangan yang sudah disiapkan, kedua keluarga besar bisa saling berbincang santai agar bisa saling mengenal. Biasanya diselingi acara foto bersama dengan kedua calon mempelai.

8. Penutupan

Setelah acara ramah tamah selesai maka sampailah pada penghujung acara yakni penutupan. Di sni MC akan mempersilahkan perwakilan dari pihak mempelai wanita untuk membacakan doa penutup.

9. Balasan dari Pihak Mempelai Perempuan

Jika sudah ditutup dengan doa yang menunjukkan rasa syukur atas lancarnya acara lamaran pernikahan yang digelar serta doa untuk kelancaran untuk niat baik kedua mempelai dalam menuju tahap pernikahan, maka acara ditutup dengan balasan seserahan dari pihak calon mempelai wanita kepada calon mempelai pria.

Di sini artinya pihak dari calon mempelai wanita menerima pinangan dari calon mempelai pria secara simbolis.

Selain sudah menyampaikannya melalui pidato, penyerahan seserahan balasan ini merupakan satu simbolis bahwa pihak wanita menerima pinangan calon mempelai pria. Jika penyerahan seserahan balasan ini selesai maka selesai pula acara lamaran pernikahan yang digelar.


Tips untuk MC Acara Lamaran

Acara lamaran pernikahan ini sama pentingnya dan sama sakralnya dengan acara pernikahan.

Oleh karena itu pastikan membuat susunan acara lamaran jauh-jauh hari jika memutuskan untuk melakukan acara lamaran pernikahan tanpa bantuan jasa event organizer.

Agar lebih baik, sebelum hari H MC dapat melakukan latihan terlebih dahulu agar mengurangi resiko kesalahan yang tidak diinginkan.

Pastikan mencatat nama calon mempelai dengan lengkap agar tidak sampai salah menyebutkan nama saat membawakan acara lamaran.


Itu dia contoh susunan acara lamaran pernikahan yang bisa dijadikan inspirasi. Persiapkan acara lamaran dengan matang sama halnya dengan mempersiapkan acara pernikahan nantinya.

Semoga acaramu lancar hingga hari H, ya!

Kak Tara

Penulis

Kak Tara

Content Editor di Otwhalal.com. Milennial yang senang dengan topik seputar asmara dan romantis.

    Tinggalkan komentar