Prewedding Indoor

Wajib nih baca ini! ✓ 10 spot foto ini direkomendasikan untuk prewedding indoor kamu. Kesan Indonesianya dapet banget dan ✓ instagrammable banget. Ini listnya.


Bagi yang mau nikah, pasti ribet ngurus segala ragam keperluan, salah satunya urusan foto prewedding.

Buat cari lokasi foto yang oke, nggak jarang orang perlu meluangkan waktu seharian – bahkan kadang lebih.

Banyak orang yang lebih suka konsep outdoor, tapi sebenarnya prewedding indoor pun oke loh.

Bagi teman-teman yang muslim.
Nah, bagi teman-teman yang beragama muslim mengganti prewedding menjadi post-wedding adalah pilihan yang sangat baik. Artinya, proses pengambilan ala prewedding ini dilakukan setelah akad pernikahan dilakukan sehingga lebih sesuai dengan syariat islam.

Mengapa Memilih Prewedding Indoor?

Dalam pengambilan foto prewedding indoor, konseplah yang paling penting.

Yah, walaupun bagus nggaknya background juga menentukan sih. Ditambah lagi, dengan berada di dalam ruangan nggak perlu cemas sama cuaca. Mau panas atau hujan juga nggak masalah karena udah di dalam ruangan.

Selain itu, konsep pengambilan foto di dalam ruangan pun bisa menyesuaikan. Entah itu casual, regal, atau bahkan konsep lucu sampai imut, semuanya bisa.

Tinggal sesuaikan aja kostum yang mau dikenakan untuk foto dengan bangunan yang dipilih.

Terlebih lagi, kalau bisa menemukan tempat yang memiliki banyak spot foto sekaligus, bisa menghemat biaya dan waktu dari mengunjungi lokasi lain.

Spot Prewedding Indoor 2019

1. Rumah Joglo, Semarang

Sumber: instagram.com/cemeng_ap

Eits, nggak harus kok kamu yang dari luar kota jauh-jauh datang ke Jogja buat bisa foto macam begini. Masih banyak rumah dengan konsep Joglo seperti ini di daerah lain.

Lebih asyik lagi, kalau bisa dapet rumah Joglo yang masih ditempati sebagai lokasi foto. Dengan begitu, nggak akan terkesan seperti rumah kosong.

Seperti gambar, konsep Joglo klasik lebih terlihat otentik dibandingkan dengan bangunan Joglo modern.

Ornamen hiasan jadul juga bisa ikut jadi properti, seperti lampu gantung di gambar atas. Nggak cuman itu saja, bisa juga foto prewedding dibuat dengan rekonstruksi  gaya foto klasik hitam putih.

Caranya adalah dengan menyesuaikan kostum dan riasan serta pose dengan gaya masa kakek-nenek difoto dulu.


2. Anjungan Nusantara, TMII Jakarta

Sumber: instagram.com/sintamashfufah

Bagi yang berada di Jakarta dan pengen berfoto prewedding di rumah-rumah istiadat khas daerah masing-masing, nggak perlu berpusing-pusing.

Cukup datang saja ke Anjungan Nusantara yang ada di TMII. Di sana semua replika bangunan rumah adat dari semua daerah berdiri tegap, siap jadi setting lokasi foto.

Tinggal sesuaikan saja dengan kostum dan riasan yang dikenakan.

Nah, karena tempat berfotonya sudah daerah banget, sebaiknya kenakan busana daerah masing-masing agar hasil foto tidak dibilang salah kostum. Tapi, mengenakan busana kasual di tempat ini pun masih bisa dimaklumi kok.


3. ForeSee by Angies, Surabaya

Sumber: instagram.com/arrahmanasri

Kalau ingin konsep prewedding yang lebih kalem, bisa nih coba datang ke kafe di Surabaya ini, namanya ForeSee by Angies.

Bangunan kafe mengedepankan tampilan kaca jendela lebar, agar pengunjung dapat menikmati langsung pemandangan asri yang diperoleh dari keberadaan pepohonan di sekitar bangunan kafe.

Itulah yang menyebabkan nuansa kafe terasa tenang dan damai.

Selain di Surabaya, ForeSee by Angies juga ada di Bali dengan konsep bangunan yang sama – dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Jadi kalau mencoba mengambil foto prewedding di tempat ini masih akan dapat latar belakang pepohonan meski berada di luar ruangan.

Untuk kostum dan riasan, gaya kasual dengan riasan minim akan terlihat lebih pas dan nggak berlebihan.


4. Puri Langon Sambahan Ubud, Bali

Sumber: instagram.com/eryphotographybali

Menginginkan konsep prewedding yang megah dengan sentuhan tradisional yang kuat, maka pilihlah lokasi ini. Di Puri Langon Sambahan Ubud, ruang pendapa memiliki desain interior mewah dengan warna keemasan yang mencolok.

Detail ukiran pada setiap sudut menjadikan suasana foto menjadi mewah, layaknya bangsawan kerajaan.

Apabila menggelas sesi pemotretan pada malam hari, maka lampu-lampu penerang akan semakin menjadikan hasil foto prewedding menjadi kian megah.

Selain itu, dengan pilihan busana yang tepat, akan menampakkan kedua calon mempelai layaknya raja dan ratu yang memerintah sebuah kerajaan. Untuk menghasilkan foto yang pas, sebaiknya pasang ekspresi tegas agar semakin pas dengan konsep setting tempat yang ada.


5. Keraton Kasunanan, Solo

Sumber: tribunnews.com

Satu lagi lokasi pemerintahan kerajaan yang bisa digunakan untuk lokasi foto prewedding adalah Keraton Kasunanan yang ada di Solo.

Konsep foto terbaik untuk dilakukan di tempat ini tentu saja merupakan konsep tradisional, dengan kebaya dan beskap.

Untuk pemilihan titik foto, bisa dipilih dari tempat-tempat yang diizinkan bagi wisatawan.

Nggak perlu malu dengan wisatawan lain yang datang saat proses pengambilan foto. Sudah ada banyak orang yang datang ke tempat ini untuk berpose layaknya model, demi hasil foto prewedding terbaik.

Oh ya, karena lokasinya berada di Solo, maka pastikan untuk mengenakan kebaya dan beskap dari Jawa Tengah, ya.


6. Studiology, Kedoya Jakarta

Sumber: instagram.com/prewedding.indoor

Nggak ada waktu buat nyari tempat foto prewedding yang kece, datang aja ke Studiology bagi yang tinggal di area Jakarta.

Studio foto yang berlokasi di Kedoya ini punya banyak pilihan setting latar belakang foto yang bagus-bagus.

Mulai dari konsep klasik, flowerly, sampai kasual. Latar belakang ala bagian depan rumah pun ada lebih dari pilihan.

Tinggal pilih mau konsep yang seperti apa, nanti tinggal menyesuaikan dengan kostum yang diinginkan.

Tak hanya itu saja, bisa juga loh memilih lebih dari satu latar belakang agar punya beberapa variasi. Dengan begitu, nggak perlu pergi ke banyak tempat, tapi sudah mendapatkan banyak latar untuk berfoto.

All-in-one studio foto seperti ini sedang menjadi tren di banyak kota-kota besar. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dari orang-orang yang tidak bisa pergi ke luar kota demi mendapatkan latar foto yang bagus.


7. Wisma Tumapel, Malang

Sumber: sgfotografi.wordpress.com

Nggak mau kalah pamor dari bangunan bernuansa serupa, Wisma Tumapel di Malang terkenal sebagai tempat uji nyali.

Bangunan yang dulunya merupakan sebuah hotel ini masih tegap berdiri walau diselimuti oleh cerita-cerita mistis dan horor.

Dilihat dari bangunannya, wisma ini merupakan peninggalan dari arsitektural Belanda.

Untuk pengambilan foto prewedding di tempat ini, konsep hitam dan putih akan pas dengan nuansa tempat yang agak-agak spooky. Sementara itu, tatanan kostum dan riasan yang dipakai sebaiknya yang bertemakan modern kontemporer ala noni dan tuan Belanda.

Seperti misalnya saja dress sederhana dan kemeja dengan rompi atau jas tanpa dasi, lengkap dengan topi fedora atau baju casual juga bisa.


8. Lawang Sewu, Semarang

Sumber: instagram.com/nurfaiz_19

Untuk konsep prewedding yang sedikit regal, bisa dicoba buat datang ke Gedung Lawang Sewu yang ada di Semarang.

Gedung ini termasuk salah satu lokasi wisata yang populer didatangi karena banyaknya kisah horor yang berseliweran.

Sebagian diakui kebenarannya, sebagian lain hanya dibesar-besarkan demi menarik perhatian orang lain. Tapi urusan apa gedung itu benar-benar angker atau tidak, bukanlah yang mau dibahas di sini.

Lawang sewu cocok untuk dijadikan sebagai lokasi prewedding dengan konsep bangunan peninggalan Belanda yang sebagian besar masih utuh. Mau konsep berkebaya, modern, bahkan kontemporer oke-oke saja untuk dilakukan di tempat ini.

Hanya saja, kalau mau menyesuaikan dengan tempat, sebaiknya menggunakan konsep klasik Eropa dengan gaun lebar dan jas.


9. Tamansari, Jogja

Sumber: instagram.com/andypermanaphotography

Tempat yang dulunya merupakan istana pemandian para putri raja ini emang udah jadi lokasi favorit untuk prewedding bagi para warga Jogja dan sekitarnya.

Yah, walaupun hampir sebagian besar bagian asli taman ini telah rusak, namun masih ada sebagian kecil yang tersisa.

Apalagi, setelah direnovasi dan dibuka untuk umum, bisa dibayangkan bagaimana dulu para putri raja menghabiskan waktu di tempat ini.

prewed-tamansari
Sumber: instagram.com/rezaaditya_photography

Dengan konsep bangunan Tamansari yang lebih berkonsep bangunan Eropa, membuat kontum dan riasan apa pun yang dikenakan akan cocok untuk berfoto di sini.

Mulai dari gaya tradisional dengan kebaya dan beskap, gaya modern dengan gaun dan jas, atau cukup dengan busana kasual. Semuanya akan menghasilkan foto yang oke buat dipajang pas resepsi pernikahan nanti.


10. Bavarian Culinary Haus, Bogor

Instagram.com

Asyiknya kalau memilih tempat ini sebagai lokasi prewedding adalah kesempatan untuk makan-makan sebelum, saat, atau setelah sesi foto-foto. Konsep bangunan tempat makan ini cukup unik dan bakalan tampak oke buat jadi setting foto prewedding.

Dengan konsep glass roof, membuat berada di dalam ruangan bakalan terasa seperti berada di luar ruangan.

Secara umum, rasanya seperti berada di dalam greenhouse, alias rumah kaca. Ditambah dengan penempatan tanaman-tanaman di hampir setiap sudut ruangan, menjadikan nuansanya seperti benar-benar tengah berada di dalam greenhouse.

Untuk konsep fotonya sendiri, gaya modern dan kasual sepertinya adalah yang paling cocok dengan konsep tempat ini.


Penutup

Daftar tempat prewedding indoor di atas dapat digunakan sebagai inspirasi untuk lokasi foto prewedding yang bisa dipilih.

Jika tidak ingin mainstream, bisa juga kok mencari tempat lain yang jarang digunakan – misalnya di bekas kampus atau sekolah dulu.

Bila ingin yang lebih unik lagi, cobalah untuk berfoto prewedding di pasar tradisional terdekat, seolah-olah menggambarkan kehidupan rumah tangga yang akan dijalani.

Semoga artikel prewedding indoor ini menginspirasi. Selamat mencoba!

Bang Viko

ambil laptop, seduh kopi, dan mulai berkarya...

Tinggalkan komentar