Make Up Pengantin

Ingin make up pengantin yang cantik? Simak artikel ini, kupas ✓ tips memilih ✓ tren make up ✓ harga make up pengantin (reguler/artis) ✓ dan hal menarik lainnya.

Tips Memilih Make Up Pengantin

Tips Memilih Make Up Pengantin

1. Sesuaikan dengan Tema Acara

Tema acara pernikahan di Indonesia biasanya terbagi atas dua jenis yaitu pernikahan dengan Adat dan Internasional atau modern.

Pernikahan adat sudah pasti memiliki patokan tertentu untuk riasan wajah dan pakaian. Sedangkan acara dengan tema internasional lebih fleksibel dan mengikuti keinginan pengantin.

2. Sesuaikan dengan Gaya Make Up yang Disukai

Sebelum memutuskan gaya make up yang akan dipakai, akan lebih baik jika melakukan riset terlebih dahulu. Ada gaya make up natural, bold, glowy, matte, glamor dan lain sebagainya.

3. Sesuaikan dengan Budget

Banyak hal kecil yang menyita perhatian dan memerlukan dana besar seperti dekorasi, gedung, catering dan lain sebagainya.

Maka untuk urusan make up, mempelai harus bisa menimbang dan menahan diri agar tidak jauh melebihi dana yang direncanakan.

Semua make up artist memiliki ciri khas dan kemampuan masing-masing, jadi sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

4. Lakukan Tes Make Up

Tes make up perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada bahan yang tidak cocok di kulit. Misalnya bahan terlalu keras atau menyebabkan alergi.

Beberapa pengantin memiliki kulit sensitif, kering, atau berminyak. Tes make up bertujuan agar pemilihan alat dan make up yang digunakan tepat bagi pengantin.

Dengan meminimalisir kemungkinan alergi atau kesalahan pilihan make up, maka saat hari pernikahan penata rias tidak butuh waktu terlalu lama.

5. Komunikasi dengan MUA

Komunikasikan dengan baik keinginan pengantin kepada MUA. Kunci keberhasilan dari make up yang bagus dan sesuai adalah dengan komunikasi.

Bicarakan kebiasaan make up sehari- hari atau kecenderungan gaya yang disukai. Ini akan sangat membantu penata rias untuk menemukan gaya yang tepat. Sesuai dengan pakaian yang digunakan dan kepribadian pengantin.


Ragam Tren Make Up Pengantin

Tren Make Up Pengantin

1. Make Up Pengantin Hijab

Make Up Hijab
Image by hary prabowo from Pixabay

Gaya make up ini biasanya dipilih oleh perempuan yang ingin berpenampilan islami saat menikah. Ada yang berhijab dengan model syar’i ada pula yang memilih untuk bergaya seperti puteri dengan juntaian kain di bagian kepala.

Kedua gaya ini bisa disesuaikan dengan riasan yang tepat. Misalnya gaya natural, glowy make up, atau bahkan bold yang tegas.

MUA yang sering menggunakan gaya hijab misalnya Khadijah Azzahra yang memiliki ciri tidak memotong atau mencukur alis.

2. Make Up Pengantin Natural

Make up ini biasanya dipilih oleh perempuan yang ingin terlihat seperti di hari-hari biasa.

Riasan sederhana dengan tampilan wajah yang menyerupai kulit asli kadang sulit diwujudkan karena justru membutuhkan teknik yang rumit. MUA dengan ciri khas gaya make up natural misalnya Marlene Hariman dan Ifan Rivaldi.

3. Make Up Pengantin Modern

Untuk pengantin yang mengusung gaya modern pada tema pernikahannya bisa memilih MUA lebih leluasa.

Hal ini dikarenakan biasanya pengantin modern memilih make up yang tegas. Gaya make up semacam ini hampir semua MUA bisa melakukannya.

Youtuber Tasya Farasya sangat sering membuat make up dengan gaya bold. Jika tema pengantin modern akan digunakan dan berminat untuk memilih gaya make up bold maka menonton video Tasya bisa menjadi referensi untuk berdiskusi dengan penata rias.

4. Make Up Pengantin Muslimah

Make Up Pengantin Muslimah
Image by hary prabowo from Pixabay

Pengantin muslimah biasanya menyukai gaya natural dengan tatanan hijab yang sesuai dengan keseharian.

Misalnya seorang muslimah biasanya menggunakan jilbab menutup dada maka tatanan yang nyaman digunakan saat pernikahan juga harus menutup dada.

Hal ini penting agar pengantin tidak merasa canggung dengan penampilannya di hari pernikahan.

Tipsnya!

  • Untuk mempercantik penampilan, bisa ditambahkan aksen bunga sebagai hiasan di hijab dan sentuhan make up yang senada dengan bunga yang dipakai.
  • Warna yang senada akan menimbulkan kesan manis, dan cantik namun tidak berlebihan.

5. Make Up Pengantin Adat Jawa

Make up artis di pulau jawa cukup beragam, ada adat Solo, Jogja, dan Jawa Timur.

Hal yang menjadi perbedaan dari adat jawa dan adat lain adalah hiasan di kepala dan riasan wajah bagian kening (paes).

Kemampuan perias dalam membuat pas menentukan bagus atau tidaknya keseluruhan riasan. Untuk itu, pilih make up artist atau penata rias yang sudah biasa melakukan riasan adat Jawa.

Nah, Mamie Hardo adalah salah satu MUA yang sering menata riasan pengantin Jawa. Instagram / @mamiehardo.


Harga Pasaran Make Up Pengantin

Harga Make Up Pengantin

1. Harga Make Up Reguler

Harga Make Up Pengantin Reguler
Image by sabsiro from Pixabay

Harga yang ditetapkan masing-masing penata rias beragam. Mulai dari 100.000 hingga 1 juta rupiah bahkan lebih.

Biasanya harga sewa jasa rias ini tergantung alat dan make up yang dipakai, serta jarak perias dengan klien. Semakin jauh maka harga akan semakin mahal karena ada biaya transportasi.

Secara kemampuan sebenarnya penata rias reguler pun bisa setara make up artist ternama.

2. Harga Make Up Artist

MUA atau make up artist biasanya menerima banyak pemesanan tata rias. Mulai dari kebutuhan shooting, foto, pesta hingga pernikahan. Harga yang ditawarkan berkisar antara 3 juta hingga puluhan juta rupiah.

Keunggulan make up artist:

  • Hal ini disebabkan karena menikah diharapkan menjadi satu momen seumur hidup dan MUA ingin memberi hasil maksimal pada kliennya.
  • Selain itu, make up yang digunakan juga biasanya make up high end, yang berharga fantastis.
  • Memang tidak semua MUA menggunakan make up high end. Namun sebagian besar dari mereka selalu memilih produk dengan kualitas prima untuk menjaga kualitas riasannya.

Itulah pembahasan mengenai make up artist, semoga bermanfaat ya!

Bang Viko

ambil laptop, seduh kopi, dan mulai berkarya...

Tinggalkan komentar