Banner Pernikahan

Saat merayakan sebuah pesta pernikahan, selain gaun pengantin, dekorasi memegang peranan penting agar pesta pernikahan menjadi cantik.

Sebagai salah satu bagian dari sebuah dekorasi, keberadaan banner yang terpampang juga dapat menjadi pemanis dalam sebuah pesta pernikahan. Berikut ini adalah contoh desain banner pernikahan yang akan mempermanis pesta pernikahan

Inspirasi Banner Pernikahan Kekinian

Memanfaatkan Ranting Pohon untuk Menggantung Banner

Banner pernikahan yang pertama dapat dibuat dengan memanfaatkan ranting pohon untuk menggantung banner. Banner ini lebih cocok digunakan untuk pesta pernikahan outdoor.

Dalam banner tersebut, berisikan ucapan selamat datang, tanggal pernikahan, dan nama mempelai yang dicetak dalam kain berwarna putih tulang. Tambahkan juga pemanis di sisi banner agar banner terlihat lebih cantik.


Banner pernikahan berikutnya menggunakan desain simple dengan hanya menuliskan nama mempelai dan tanggal pernikahannya. Untuk mempermanis, banner dicetak dalam bentuk segilima dengan bagian runcing berada di bawah.

Banner menggunakan warna putih atau kuning gading. Tidak lupa tambahkan beberapa detail seperti lampu kecil dan bunga-bunga rumput pada bagian atas dan samping kanan kirinya.


Manfaatkan Kain dan Rajutan

Salah satu cara agar menciptakan banner pernikahan yang cantik adalah dengan menggunakan tambahan kain dan rajutan. Usahakan semuanya menggunakan warna putih atau krem agar dapat menampilkan kesan sakral.

Tanpa nama atau tanggal pernikahan, penulisan banner cukup diisi dengan quote pernikahan yang romantis. Tambahkan juga beberapa hiasan dari daun dan bunga agar banner lebih manis.


Desain banner untuk pernikahan berikutnya mengambil konsep seperti pada sebuah kerajaan dengan menggunakan gantungan khusus terbuat dari besi.

Konsep banner ini seperti sebuah bendera kerajaan yang sering digunakan sebagai penanda wilayah. Dalam bannernya tertulis nama mempelai dan tanggal pernikahan. Agar tidak terlihat kaku, gunakan hiasan dari daun-daun menjalar.


Desain banner lainnya ialah dengan memanfaatkan kerangka yang terbuat dari besi dengan bentuk melengkung seperti pintu rumah tikus. Besi kerangka tersebut dihias dengan daun-daun menjalar dan ditambahkan dengan bunga-bunga.

Agar tampak cantik, pilih bunga berwarna putih seperti bunga sepatu putih. Dalam banner cukup tuliskan ayat-ayat dalam kitab suci atau tambahkan nama mempelai.


Kombinasi Banner dan Kerangka Kayu Segitiga

Jika sebelumnya menggunakan kerangka terbuat dari besi yang dibentuk melengkung, maka desain banner berikut ini menggunakan kerangka yang terbuat dari papan kayu.

Papan kayu dibentuk menyerupai segitiga atau huruf A. Lantas bagian horizontalnya tersebut yang dijadikan tumpuan untuk menggantung banner berwarna putih dengan tulisan nama mempelai dan tanggal pernikahan.


Banner penunjuk arah lokasi pernikahan juga bisa dibuat dengan desain yang cantik seperti pada gambar. Gunakan kain berukuran kecil atau sedang yang diikat pada kerangka besi.

Agar tampak cantik, tambahkan daun dan bunga pada salah satu sisinya. Gunakan desain banner yang sederhana dan minimalis agar terkesan elegan. Kemudian tempatkan pada beberapa titik yang tak jauh dari lokasi.


Menggunakan banner pernikahan berukuran besar juga merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat. Banner berwarna putih dengan ukuran cukup besar akan sangat menarik dengan tambahan daun-daun menjalar di sisi-sisinya.

Tak lupa gantung pada sebuah gantungan kayu yang sudah diberi pemberat pada kaki-kakinya agar tidak rubuh. Gunakan isi banner yang sederhana dengan menuliskan nama mempelai serta tanggal pernikahannya saja.


Bila berencana untuk membuat acara pernikahan di dalam ruangan atau dalam sebuah gedung, maka penempatan banner pernikahannya bisa diletakkan dengan memanfaatkan dinding.

Dinding terbuat dari bata akan lebih cantik dengan desain banner yang simpel. Tambahan tumbuhan menjalar berwarna hijau pada bagian atas mengikuti tepi banner akan membuat banner memberikan kesan cantik.


Pemilihan banner berikutnya ialah dengan membuat desain banner gantung dengan background berwarna putih. Banner gantung seperti ini akan memudahkan dalam pembuatan dan saat membawanya karena cukup dengan menggulung banner tersebut.

Gunakan kain-kain yang sedikit kusut juga bukan sebuah masalah besar asalkan menggunakan jenis kain yang tepat. Tuliskan nama mempelai dan dan tanggal pernikahan saja untuk tetap memberi kesan simpel.


Bosan dengan warna putih pada banner maka desain banner berikutnya menggunakan alternatif warna hitam. Pada desain banner ini tidak menggunakan tambahan aksesoris karena langsung mencetak hiasan pada banner sekaligus.

Warna hitam pada banner juga bisa digunakan sebagai alternatif warna kain pada banner. Warna hitam akan menimbulkan kesan simpel dengan tetap mempertahankan kesan elegan.


Seperti yang sudah sebelumnya, banner berwarna hitam juga dapat menjadi alternatif yang baik. Selain itu, banner juga tidak selalu harus menggunakan bahan kain, melainkan menggunakan papan kayu atau papan tulis.

Pada bagian tulisan, bisa dengan menuliskan secara lengkap nama mempelai, tanggal, bahkan hingga nama ayah dan ibu mempelai. Tujuannya agar tamu dapat mengenali mempelai lebih dalam.


Tidak ada yang menyalahkan jika membuat sebuah banner yang merangkap sebagai backdrop dalam acara pernikahan. Justru pembuatan banner seperti ini menjadi ringkas karena bisa bermanfaat banyak. Untuk membuat banner seperti ini, cukup dengan mencetak desain banner pada kain berwarna putih.

Dalam desainnya cukup tempatkan nama mempelai dan tanggal pada bagian atas dan gambar daun serta bunga pada sisinya. Dengan menempatkan gambar bunga pada bagian sisi, maka tamu atau bahkan mempelai itu sendiri dapat menjadikan banner pernikahan sebagai background untuk berfoto.


Desain banner pernikahan yang bisa digunakan berikutnya adalah dengan menggunakan warna hitam yang elegan. Tambahkan kain berwarna kuning gading atau coklat agar tetap terlihat kesan manis.

Tak lupa, tambahkan hiasan dari bunga-bunga berwarna putih dan tanaman menjalar pada sisi-sisinya agar tampilan banner menjadi lebih manis.

Penulis

Bang Viko

Seduh kopi, buka laptop, dan mulai berkarya.

    Tinggalkan komentar